Pengangguran

27 Mar

Tugas 3

Abstrak

Pengangguran menjadi masalah yang pasti dialami oleh semua masyarakat baik itu negara berkembang ataupun negara maju sekalipun. Tidak akan ada habisnya bila membahas  tentang pengangguran. Penanggulangan pengangguran menjadi upaya yang harus dilakukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Pengangguran dapat terjadi karena jumlah angkatan kerja yang ada lebih banyak dari pada jumlah kesempatan kerja dikarenakan adanya ledakan penduduk pada suatu negara, factor modernisasi baik produksi sektor pertanian maupun sektor produksi bidang industri ataupun usaha-usaha jasa lainnya yang dalam hal ini para produser berusaha mengantikan peranan tenaga produksi berupa manusia diganti dengan berupa mesin dengan suatu alasan ekonomis dan praktis karena mesin akan lebih murah, lebih cepat, atau efisien dan perkayaan pada pekerja yang telah memasuki masa pensiun walaupun hanya sedikit tetapi hal ini dapat mempengaruhi terjadinya pengangguran, ataupun angkatan kerja tidak dapat memenuhi persyaratan yang diminta oleh dunia kerja. Pengangguran menghasilkan dampak yang sangat signifikan dalam tingkat kemakmuran yang mungkin dicapai tidak maksimal dikarenakan pengangguran menyebabkan pendapatan nasional yang dicapai lebih rendah dari pendapatan nasional potensial, kehilanggan kemampuan dalam keterampilan dikarenakan penganggur dalam periode yang lama akan menyebabkan tingkat keterampilan pekerja menjadi semakin menurun, dan ketidakstabilan politik dikarenakan tuntutan dan kritik akan dilontarkan kepada pemerintah yang disertai aksi unjuk rasa dan kegiatan-kegiatan bersifat kriminal juga semakin meningkat.

Pemerintah juga melakukan upaya untuk menanggulai pengangguran akan tetapi dalam menganggulai pengangguran pemerintah mendapatkan hambatan antara lain dalam faktor mentalisasi pada pengangguran yang masih melekat pada sebagian besar para angkatan kerja atau penganggur kita baik itu penganggur dikota, dan yang berada didesa, faktor pendidikan atau keterampilan yang berlatar belakang pendidikkan yang rendah lebih kurang 21 juta diantaranya buta huruf  tidak mengenal bangku sekolah disamping itu tidak sedikit yang mengalami putus sekolah, baik SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, factor modal dan factor data yaitu tidak objektifnya data para penganggur yang ada, dalam arti tidak jelasnya atau tidak lengkapnya para penganggur atau pencari kerja yangb mendaftarkan diri pada kantor resor tenaga kerja dimana-mana .

Selain dari pemerintah usaha penganggulangan lain juga dilakukan diantaranya Proyek Pusat Latihan Kejuruan (PLK) adalah suatu proyek yang diadakan oleh pemerintah dalam hal ini ialah Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Peningkatan mobilitas tenaga kerja dilakukan dengan memindahkan pekerja ke kesempatan kerja yang lowong dan melatih ulang keterampilannya sehingga dapat memenuhi tuntutan kualifikasi di tempat baru, pemberian informasi yang cepat mengenai tempat-tempat mana yang sedang memerlukan tenaga kerja, Program Pendidikan dan Pelatihan Kerja karena pengangguran terutama disebabkan oleh masalah tenaga kerja yang tidak terampil dan ahli, dan muncul keinginan untuk menciptakan lapangan usaha sendiri atau berwiraswasta yang berhasil.

Pengangguran juga berdampak pada kepada kehidupan manusia. Pengangguran menyebabkan tingkat kemakmuran yang mungkin dicapai tidaklah maksimal. Pengangguran menyebabkan pendapatan nasional yang dicapai lebih rendah dari pendapatan nasional potensial.  Pengangguran dapat membuat seseorang kehilangan kemampuan keterampilan, keterampilan dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan hanya dapat dipertahan-kan apabila keterampilan tersebut digunakan dalam praktik. Pengangguran juga berdampak pada kestabilan sosial dan politik, kegiatan ekonomi yang lesu dan pengangguran yang tinggi dapat menimbulkan rasa tidak puas masyarakat kepada pemerintah berbagai tuntutan dan kritik akan dilontarkan kepada pemerintah yang disertai aksi unjuk rasa, sehingga mengganggu stabilitas politik.

NAMA                        : MUHAMMAD IQBAL HAWARI (28211713)
KELOMPOK                                                                                    
·       ASWAJUN FEBRYANI (28211404)
·         CAMILLA ZAHRA (28211484)
·         LUKMAN TRI ALIANSYAH (28211429)
·         ROBI EPIAN (28211601)

 Referensi :
-Bakri, Zainab. 1984, Angkatan Kerja di Indonesia. Jakarta : Raja wali

-Squire, Lyn. 1982, Kebijaksanaan Kesempatan Kerja di Negara-Negara yang sedang Berkembang.  Jakarta: Pustaka Bradjaguna

http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2119555-cara-cara-mengatasi-pengangguran/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: